Cuma Disini, Tempat Buat Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

In Blog

Kemasan Makanan Ramah Lingkungan – Membuat kemasan yang unik memang bisa menjadi sebagai senjata dalam strategi pemasaran. Mendesain kemasan yang unik saja tidak cukup. Kemasan apalagi untuk makan harus dibuat dengan bahan yang baik. Tujuannya agar makanan tidak terkontaminasi dengan bahan kemasan yang digunakan. Makanan dapat tetap terjaga baik dari segi rasa maupun kesehatan.

Nah bagaimana sih kemasan yang baik itu. Adakah standar dalam pembuatan kemasan makanan? Yuk simak ulasannya berikut ini..  

Pentingnya Memilih Bahan Kemasan Makanan

Branding adalah salah satu cara yang bisa membuat produk Anda diburu oleh orang-orang. Cara terbaik memperkenalkan produk memang dengan membranding produk Anda dengan sesuatu yang fresh dan unik. Sebuah kemasan memiliki ikatan yang kuat dengan branding itu sendiri.

Bagi Anda yang sudah memiliki produk makanan andalan tapi belum memiliki desain untuk kemasan Anda, kini waktunya Anda membuat desain kemasan!

Kemasan merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi minat pembeli. Jadi, tahapan pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan Anda disamping menjaga kualitas produk adalah desain kemasan yang unik.

Dalam membuat kemasan yang unik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal yang paling utama diperhatikan adalah bahan yang digunakan. Penggunaan bahan untuk kemasan sangatlah penting.

Apalagi untuk kemasan makanan, harus sangat diperhatikan. Karena bahan ini yang nantinya bersentuhan langsung dengan makanan. Memilih bahan kemasan yang baik juga berarti Anda mengurangi resiko keracunan.

Agar makanan yang disimpan dalam sebuah kemasan dapat bertahan dengan baik. Ada beberapa kriteria bahan yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat desain makanan. Beberapa kriteria tersebut adalah tidak beracun. Pemilihan bahan makanan yang tidak beracun atau berbahaya.

Baca Juga:   SiapKemas Sukseskan Penjualan Produk Melalui Desain Kemasan Unik

Salah satu bungkus makanan yang berbahaya adalah styrofoam. Hindari penggunaan styrofoam untuk mengemas makanan. Jika Anda menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan yang mengonsumsinya.

Bahan kemasan baiknya kedap udara karena kemasan yang tidak kedap udara nantinya akan berpengaruh pada kualitas makanan. Kemasan yang kedap udara akan membuat makanan lebih awet.

Makanan tidak cepat basi karena tidak terkena udara dari luar secara langsung. Udara diluar jika masuk dalam kemasan yang tidak kedap udara membawa banyak bakteri.

Ada baiknya kemasan mudah dibuka dan ditutup. Karena kemasan baiknya dibuat untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Jangan sampai ketika konsumen Anda ingin membuka makan harus kerja ekstra terlebih dahulu.

Bahan kemasan yang baik, dibuat sesuai dengan kebutuhan dalam bentuk, volume dan berat. Pastikan produk Anda dapat tersimpan dengan baik.

Buatlah kemasan makanan ramah lingkungan. Pilih bahan yang mudah terurai. Jadi, meskipun Anda memproduksi barang, Anda tidak memuat sampah yang merugikan alam.

Seberapa Food Grade Kemasan Makanan Anda?

Bicara soal bungkus makanan apa yang ada dalam benak Anda? Plastik, paper cup, paper bowl, kertas minyak? Tahukah Anda kemasan untuk makanan harus sesuai dengan standard loh..

Mudahnya mencari pendapatan dengan menjual makanan, banyak yang semena-mena menggunakan jenis kemasan makanan. Banyak dari penjual yang makanan yang menggunakan plastik untuk menyimpan makanan yang tidak sesuai standar. Ada yang tidak tahu, ada juga yang tahu namun tetap menggunakan dengan alasan ‘murah’.

Plastik menjadi bahan yang paling favorit dalam urusan pengemasan makanan. Plastik dianggap dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan. Mau itu makanan kering atau basah.

Baca Juga:   Tempat Buat Desain Kemasan Terpercaya Di Jogja

Penggunaan bahan makanan yang tidak sesuai dapat menyebabkan keracunan. Misalnya plastik, penggunaan plastik yang asal pada bungkusan makanan dengan suhu ekstrip jika dilakukan dalam jangka panjang bisa menjadi bahaya.

Dalam rangka penggunaan bahan kemasan makanan, ada jenis bahan tersendiri yang aman digunakan. Bahan kemasan makanan memiliki standard yang disebut food grade.  Bagi produsen makanan harusnya tidak asing dengan hal yang satu ini.

Food grade merupakan standardisasi jenis kemasan yang diperbolehkan digunakan untuk mengemas makanan. Dengan adanya foodgrade ini, pengemasan makanan menjadi lebih aman meskipun makanan dengan suhu ekstrim. Food grade ini sudah melalui quality control yang ketat.

Untuk mengetahui apakah kemasan yang Anda gunakan sudah sesuai standard atau belum, bisa diliat melalui simbol yang tertera dalam bahan kemasan yang digunakan. Simbol ini berbentuk segitiga dengan anak panah yang saling terhubung.

Terdapat angka didalam segitiga dan keterangan atau kode di bawah segitiga panah tersebut. Angka didalamnya menjelasakan sebuah kode keamanan plastik. Anda bisa langsung gunakan plastik tersebut sesuai dengan kode yang tersedia.

Selain melihat kode-kode tersebut, Anda juga bisa dengan mengamati langsung bahan tersebut. Misalnya dari segi bau plastik, melihat permukaan plastik, hingga mengeceknya langsung dengan rendaman air panas. Pilih plastik yang tidak memeiliki bau yang menyengat.

Pilihlah plastik dengan permukaan yang tidak buram, dan plastik yang baik tahan akan air yang panas sekalipun mendidih. Jika Anda ingin menggunkanan kemasan makanan ramah lingkungan, kemasan berbahan kertas juga memiliki food grade loh.

Kemasan Makanan Ramah Lingkungan
Paper cup ramah lingkungan

Buat Kemasan Makanan Ramah Lingkungan di SiapKemas

Seperti yang kita tahu, sampah plastik memang masih menjadi masalah besar dalam negara kita. Banyak sampah menumpuk dan kebanyakan sampah yang belum teratasi adalah sampah plastik. Sampah plastik membutuhkan waktu puluhan tahun untuk mampu terurai.

Baca Juga:   Cantiknya Contoh Kemasan Makanan ini untuk Bisnis Rumahan

Sebagai produsen makanan, Anda baiknya menggunakan kemasan makanan yang menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Misalnya kertas, daun, hingga kaca. Jika Anda membutuhkan plastik, Anda bisa menggunakan plastik yang ramah lingkungan. Sekarang ini sudah mulai banyak inovasi-inovasi menyerupai plastik.

Setelah mengetahui macam bahan kemasan yang bisa digunakan untuk membungkus makanan, berikut ini merupakan tempat Anda mencari dan membuat kemasan makanan dengan bahan-bahan yang aman.

Selain menggunakan bahan yang aman, desain yang dibuat juga dapat disesuaikan deng kebutuhan Anda. Didampingi harga yang relatif murah, Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai langganan Anda dalam urusan kemasan makanan.

SiapKemas menjadi solusi terbaik untuk Anda dalam urusan kemasan makanan. Tidak hanya Kemasan untuk makanan, SiapKemas juga selalu siap membuat kemasan merchandise. Dalam penanganannya Siapkemas menggunakan mesin yang keren dan modern.

Dibangun bersama tim-tim yang handal SiapKemas selalu memberikan produk kemasan yang menawan. Kualitas produk kemasan yang dibuat oleh Kami juga tinggi. Jadi, tak perlu takut pesanan Anda tidak jadi tepat waktu atau kawatir pesanan tidak sesuai harapan Anda.

Kami juga tidak hanya menerima pesanan di Yogyakarta saja, Kami siap menerima pesanan dari berbagai daerah. Untuk info lebih lanjut, segera datang ke outlet kami dialamat yang sudah tertera dilaman ini. Atau bisa juga hubungi CS Kami dinomor yang sudah tertera dilaman ini.

Yuk segera buat kemasan makanan ramah lingkungan di SiapKemas. Jangan lupa ikuti sosial media yang Kami punya untuk selalu mendapatkan promo-promo menarik dari Kami..