3 Kemasan Produk Makanan yang Paling Banyak Diminati

In Blog

Kemasan Produk Makanan – Menjadi bagian terluar, kemasan produk makanan memiliki peran penting dalam penyajian makanan. Selaian sebagai pembungkus atau pelapis, kemasan makanan berfungsi untuk menjaga makanan agar ketika sampai pada konsumen, makanan dapat dikonsumsi dengan baik tanpa memberikan efek keracunan.

Pembungkus semenjak dulu  memang sudah akrab dalam kehidupan manusisa. Manusia menggunakan pembungkus untuk memudahkan mereka dalam menyimpan dan memindahkan makanan.

Mulai dari daun pisang, daun jati, hingga plastik bahkan kain sudah mereka gunakan.  Seiring berkembangnya jaman, kini kian banyak inovasi kemasan yang unik. Penasaran? Yuk simak yang berikut ini..

Bahan Dasar Plastik Seperti Mulai Dari Kantong Hingga Standing Pouch

Bicara soal plastik pasti diantara Kalian juga tidak asing lagi dengan kata ‘plastik’. Plastik menjadi bahan yang dari dulu sudah Kita pakai. Tidak hanya untuk membungkus makanan, plastik digunakan dalam segala aktifitas Kita.

Menghadapi tuntutan persaingan dalam dunia bisnis. Apalagi bisnis dibidang kuliner yang tidak pernah mati, Kita dituntut untuk selalu menghadirkan produk makanan yang berkualitas tinggi. Kualitas bisanya dilihat dari seberapa kuat ia bertahan.

Makanan yang baik biasanya selalu dilihat dari ketahanan ia dalam suhu ruang. Karena tuntutan tersebut, kebanyakan dari Kita menggunakana plastik untuk menyimpan makanan atau minuman.

Mengapa memilih menggunakan plastik, ini karena plastik lebih fleksibel. Namun, memang tidak sembarang plastik yang digunakan. Ada golongan plastik yang dikhususkan untuk membungkus makanan.

Untuk memilih plastik sebagai kemasan makanan ada beberapa pertimbangan yang harus dilalukan seperti kemasan tersebut harus bisa melindungi makanan dari kerusakan fisik dan mekanik, melindungi dari air, udara, sinar matahari hingga zat kimia.

Plastik sendiri memang punya banyak jenis. Untuk urusan makanan, plastik yang digunakan untuk membungkus makanan jelas berbeda. Plastik untuk kemasan produk makanan distandardkan dalam beberapa kelompok yang disebut dengan food grade.

Baca Juga:   SiapKemas Sukseskan Penjualan Produk Melalui Desain Kemasan Unik

Ada semacam kode yang menunjukan bahwa plastik tersebut masuk dalam golongan mana, seberapa aman, dan lain-lain. Beberapa macam plastik yang biasa digunakan untuk membungkus adalah plastik HDPE, PET, PVC, PP, LPDE,dan PS.

Biasanya yang banyak digunakan adalah plastik berkode HDPE, PET, LPDE dan PVC. Plastik yang digunakan untuk membungkus makanan dan minuman tidak hanya berupa kantong biasa saja, tapi juga bisa berbentuk cup, bowl, standing pouch, hingga botol. Penggunaan plastik ini bisa disesuaikan saja dengan makanan yang ada.

Paper Bowl, Paper Cup, Hingga Paper Box

Kemasan kertas bisa dibilang merupakan kemasan yang lebih senior ketimbang plastik dan alumunium foil. Dulu sebelum ditemukannya plastik, nenek moyang kita menggunakan kertas untuk membungkus makanan.

Keeksistensian kertas sebagai pembungkus hingga sampai saat ini masih tinggi. Kertas dipilih karena lebih ramah lingkungan dan menarik. Harganya yang lebih murah juga menjadi salah satu faktornya.

Sama seperti plastik, kertas juga memiliki jenis yang berbeda-beda. Ada kertas karton, kertas laminasi, kertas glasin, kertas permaken, kertas roti, dan kertas kraft.

Kertas karton biasa kita temui untuk membungkus makanan seperti kue tart, kue basah, makanan gorengan yang kekinian. Kertas laminasi bisa Kita temukan adalah kertas minyak. Kertas ini biasanya untuk  membungkus makanan agak basah seperti nasi rames, mendoan panas, dan lain-lain.

Kertas glasin adalah kertas yang lebih tahan akan minyak dan air. Biasanya kertas ini menjadi lapisan bagian dalam pada paper bowl atau paper cup. Sedangkan kertas permaken kertas ini merupakan kertas transparan dengan tekstur yang sedikit kasar jika dibandingkan dengan kertas glasin.

Kertas ini tahan akan keadaan basah dan lemak. Biasanya kertas ini digunakan untuk kemasan produk makanan seperti mentega, keju, hingga label.

Baca Juga:   Cuma Disini, Tempat Buat Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

Seperti namanya kertas roti merupakan kertas yang biasanya digunakan untuk mengemas tori dibagian bawah sebelum memasukannya ke oven. Gunanya agar tidak lengket anatar kue dengan loyang. Kertas ini memiliki tekstur yang halus dan berwarna buram.

Kalau Kertas Kraft adalah kertas coklat tipis bentuknya seperti kantong. Anda bisa menemukannya di tempat makanan siap saji dan toko kue.

Kaca dan logam Juga Digunakan Sebagai Kemasan Makanan

Bicara soal keamanan makanan dalam sebuah kemasan, sebenarnya kemasan paling aman adalah kemasan berbahan kaca. Kaca tidak mengandung bahan berbahaya apapun yang lepas saat berdampingan dengan makanan. Selain itu, makanan yang dikemas juga akan jauh lebih rapat, kuat dan terjaga.

Satu-satunya kelemahan kemasan produk makanan menggunakan kaca adalah mudah pecah jika tidak dijaga dengan baik-baik saat membawanya. Selain itu juga kemasan kaca akan memiliki massa yang lebih berat.

Kemasan berbahan kaca biasanya digunakan untuk minuman seperti jus, minuman beralkohol, hingga saus sambal. Kemasan berbahan kaca juga bisa digunakan untuk mengemas makanan seperti kue nastar, kue dalam jar, selai, manisan buah dan lain sebagainya. Kemasan kaca yang kebanyakan berbentuk botol biasanya diikuti dengan tutup botol dari logam dan tertutup sangat rapat.

Tiadak hanya sebagai penutup dalam kemasan berbahan kaca, lkemasan kaleng atau logam juga bisa dijadikan tenmpat kemasan. Dalam industri pangan misalnya, banyak dari produsen yang menggunakan kemasan kaleng untuk mengemas makanan.

Sering Kita temui kemasan makanan kaleng untuk makanan basah yang membutuhkan tempat kuat agar dapat dikonsumsi dalam jangka panjang. Contohnya makana sarden, kornet hingga permen.

Kemasan seperti ini dipilih karena kuat, ringan dan sangat tertutup. Mengapa memilih logam sebagai tempat pengemasan mereka? Ya karena Mereka tidak ingin rugi.

Baca Juga:   Desain Kemasan Unik Tingkatkan Penjualan Anda!

Dengan menggunakan logam, makanan Mereka akan tersimpan sangat baik. Jadi bisa tahan lama, mereka tidak perlu mengganti makan dalam jangka waktu yang pendek.

Kemasan Produk Makanan
Contoh Kemasan Jar Kaca
SiapKemas Tempat Buat Kemasan Makanan Terpercaya

Demikianlah Artikel mengenai kemasan makanan yang sering digunakan. Jika Anda membutuhkan kemasan seperti diatas untuk kemasan produk Anda. Langsung saja datang ke outlet SiapKemas.

Kami akan senantiasa membantu Anda dalam pembuatan kemasan produk Anda. Dibantu dengan tim desain dan tim produksi yang handal Kami siap menyelesaikan kebutuhan Anda.

SiapKemas Sendiri sudah mencetak berbagai jenis kemasan dalam jumlah yang menakjubkan. Menggunakan alat kualitas tinggi dan modern, segala pesanan dapat terselesaikan dengan baik. Kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi klien Kami.

Segala kemasan dapat didesain sesuai dengan kebutuhan dan permintaan Anda. Harga yang sangat terjangkau menjadikan SiapKemas selalu menjadi yang favorit dikalangan produsen makanan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa datang ke outlet Kami secara langsung dialamat yang sudah tertera dilaman ini. Jika Anda tak punya waktu, Anda bisa langsung hubungi Customer Service Kami di nomor yang juga sudah tertera dilaman ini.

Yuk segera buat produk kemasan produk makanan Anda di SiapKemas. Tuangkan segala kreatifitas Anda bersama tim Kami yang handal. Karena kepuasan Anda adalah kebahagian Kami.